Tekan Konflik, Kejaksaan Advokasi Penyelesaian Tapal Batas Desa - Portal Media Online

24 November, 2021

Tekan Konflik, Kejaksaan Advokasi Penyelesaian Tapal Batas Desa

 

Kasi Datun Kejari Tebo, Safe'i SH,MH

TEBO - Delapan desa di kacamata Tebo ilir saat ini tengah fokus selesaikan pemetaan tapal batas. Penyelesaian tapal batas ini langsung dilakukan pendampingan oleh Kejaksaan Negeri Tebo. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya hal yang tidak diinginkan seperti konflik antar desa yang sering terjadi sebelumnya.

Pemetaan Tapal batas ini merupakan inisiatif Yayasan Orang Rimbo Kito (ORIK) yang dalam hal ini didampingi oleh pengacara negara kejaksaan negri Tebo.

Kajari Tebo Imran Yusuf melalui Kasi Datun Safi'i mengatakan Kejaksaan Negeri Tebo dalam pertemuan rapat bersama camat dan kepala desa hari ini sangat mendukung program pemerintah dalam menyelesaikan tapal batas di desa-desa Rabu (24/11).

"Kita sangat mendukung kegiatan pelaksanaan pemetaan tapal batas, sebab tapal batas ini merupakan upaya untuk meminimalisir sering terjadinya konflik di desa-desa soal tapal batas", Kata safi'i.

Dijelaskannya hari ini Kejaksaan Negeri Tebo bekerjasama dengan yayasan ORIK mengundang camat dan kepala desa yang ada di kecamatan Tebo ilir untuk segera menyelesaikan tapal batas ini.

"Di Tebo ilir ada 8 desa yang akan dilakukan pemetaan tapal batas, saat ini masih dalam proses untuk informasi sementara saat ini baru dua desa yang selesai, jadi tinggal 6 desa yang belum selesai",terangnya.

Dikatakannya jika pemetaan tapal batas ini selesai pemerintah kecamatan dapat diusulkan Perbup nya ke kabupaten kemudian untuk diusulkan ke kementrian agraria terhadap peta tapal batas.

"Kita harap Tebo ilir bisa menjadi contoh untuk daerah-daerah lainya supaya bisa meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan seperti sebelumya" pungkasnya.

Tidak hanya kecamatan tebo ilir saja pihaknya berharap agar seluruh camat yang ada di kabupaten Tebo bisa dapat  meminta pendampingan hukum oleh pengacara negara kejaksaan negri Tebo untuk menyelesain tampal batas di desa-desa.

Penulis : Sobirin
Editor :Ade Sukma

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda