Pemekaran Desa dan Kelurahan Sungai Alai Sudah Penuhi Syarat - Portal Media Online

30 Desember, 2021

Pemekaran Desa dan Kelurahan Sungai Alai Sudah Penuhi Syarat

 

Mursalin Ketua Bapem Perda DPRD Tebo

TEBO -Sempat diisukan penolakan oleh sebagian warga terhadap pemekaran kelurahan dan Desa Sungai Alai Kecamatan Tebo Tengah, Kabupaten Tebo, dewan sayangkan BPD Tidak pernah dilibatkan dalam musyawarah desa (Musdes).

Mursalin ketua Bapem Perda DPRD Tebo Usai melakukan Rapat dengar Pendapat (RDP) di ruang bangar Kamis (30/12), menjelaskan hal pemekaran desa dan kelurahan Desa Sungai Alai sudah susuai peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

"Kades Sungai Alai saat kita panggil dalam RDP menyatakan Belum siap, tapi pemekaran kelurahan Tebing Tinggi sudah memenuhi syarat," jelas Mursalin.

Terkait BPD dalam Musdes tidak dilibatkan dewan sangat menyayangkan hal tersebut bahwa BPD merupakan perwakilan desa mengacu pada permendagri no 117 tentang perangkat Desa.

"Kita sangat menyayangkan BPD dalam musdes pemekaran kelurahan dan desa tidak dilibatkan," ungkapnya.

Sementara itu Ketua BPD Sungai Alai Mansur Hasri mengatakan dirinya dan anggota BPD tidak pernah dilibatkan dalam musdes.

"Kami tidak pernah di undang ataupun dilibatkan dalam musdes pemekaran  kelurahan dan desa sungai Alai," jelas ketua BPD.

Dikatakannya bahwa masyarakat tidak pernah menolak pemekaran kelurahan dan desa sungai Alai.

"saya Jamin sebagian besar warga sungai alai setuju, saya rasa masyarakat itu tidak ada kepentingan " ungkapnya.

Lanjutnya terkait tanda Berita acara yang ditangani oleh masyarakat dalam musdes pemekaran dirinya mengaku akan memastikan ke masyarakat apakah itu benar atau tidaknya.

"Berita acara yang diserahkan oleh kades Ke DPRD, Dewan meminta saya untuk menelusuri tanda tangan yang ada dalam berita acara ini benar atau tidak, kalau tidak ada berarti ada unsur rekayasa," ungkapnya.

Penulis : Sobirin
Editor : Ade Sukma

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda