Minimalisir Kebakaran, Muara Tabir dan Tengah Ilir Sudah Siapkan Relawan - Portal Media Online

25 Januari, 2022

Minimalisir Kebakaran, Muara Tabir dan Tengah Ilir Sudah Siapkan Relawan

  

KebakaB

TEBO -  Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Tebo baru merilis ada 9 Desa di Muara Tabir dan Tengah Ilir yang siap membentuk Barisan Relawan Kebakaran (Balakar). Hal ini disampaikan Kadis Damkar Kabupaten Tebo, Arief Haryoko, saat disambangi media ini pada Selasa (25/1).

Arief bilang ini dilakukan guna meminimalisir munculnya bencana kebakaran khususnya di pemukiman warga, "Relawan tersebut nantinya ada di setiap desa dan siap setiap saat apabila diperlukan," kata Arief meyakini 

Langkah tersebut kata Arief juga sebagai upaya mitigasi bencana kebakaran.

“Mengingat wilayah Tebo yang luas serta memudahkan penanganan kebakaran pemukiman, Balakar menjadi ujung tombak soal pemadaman dan berupaya memadamkan api sebelum api membesar dan Damkar sampai di lokasi. Sehingga paling tidak ketika api masih bisa dipadamkan segera oleh mereka ini,” ujarnya.

Balakar tersebut nantinya menurut Arief menjadi kepanjangan tangan dari Damkar untuk melakukan penanganan musibah kebakaran yang sering kali menimpa masyarakat Tebo. Para relawan tersebut tambahnya akan dibekali pengetahuan, ketrampilan hingga kemampuan melakukan penanggulangan kebakaran dini.

“Salah satu yang penting yakni membangun kesadaran masyarakat untuk pencegahan kebakaran dan mitigasi dini bencana kebakaran,” Ungkap Arief.

Sebagai percontohan, tambah Arief telah dibentuk Balakar di 8 desa yang ada di Kecamatan Muara Tabir dan satu desa di Tengah Ilir 

“Mereka ini menjadi ujung tombak kami dalam penanganan kebakaran. Di setiap desa nantinya akan kami bentuk balakar, dan jika nanti sudah terbentuk secepatnya bakal kita kukuhkan," katanya.

Penulis : Sobirin
Editor : Ade Sukma

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda