Antisipasi Penyebaran PMK, Satgas PMK Siaga di Perbatasan - Portal Media Online

06 Juli, 2022

Antisipasi Penyebaran PMK, Satgas PMK Siaga di Perbatasan

 

Satgas PMK Siaga di perbatasan

TEBO-Jalur pintu masuk Kabupaten Tebo dijaga ketat. Satgas PMK bersiaga mengantisipasi adanya penyebaran penyakit menular pada ternak sapi yakni PMK dari luar kabupaten dan provinsi.

Guna memberikan suasana kondusif, dan menindak lanjuti intruksi Kapolda Jambi, dan Perintah Kapolres Tebo  tentang Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) hewan ternak hal Itu Tim gabungan yang terdiri dari Polantas Polres Tebo bersama Dinas perkebunan dan peternakan (Disbunakan) Kabupaten Tebo dirikan Pos penyekatan Hewan ternak di perbatasan Bungo-Tebo Rabu (06/07/22).

Perwira pengendali (padal) pos penyekatan hewan Ternak, Kecamatan Tebo Tengah, Kabupaten Tebo Iptu Dedi Tanto Manurung mengatakan pos penyekatan hewan Ternak ini berdasarkan intruksi Kapolda Jambi, dan perintah Kapolres Tebo.

"Kita Lakukan pos penyekatan hewan ternak dari tanggal Rabu (06/07/22) sampai senin (11/07/22)," katanya.

Dijelaskannya untuk sasaran penyekatan sendiri yaitu kendaraan yang membawa hewan ternak khususnya sapi dari luar kabupaten/Provinsi di stop dan dilakukan pemeriksaan.

"Kita stop dan periksa Surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) nya, walaupun sudah ada Surat kita juga periksa Fisiknya bersama disbunakan apakah sapinya sehat atau tidak dari penyakit PMK," jelasnya.

Dikatakanya data dari Disbunakan untuk saat ini Kabupaten Tebo belum ada Kasus PMK.

" Dinas kesahatan ternak Disbunakan juga sudah melakukan Vaksin aktofor di Beberapa Tempat di Kabupaten Tebo untuk mengantisipasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK),"pungkasnya.

Penulis : Sobirin
Editor : Ade Sukma

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda