Tahap Pertama Dana Desa di Tebo Cair - Portal Media Online

24 Januari, 2021

Tahap Pertama Dana Desa di Tebo Cair

Illustrasi

TEBO - Kabar gembira memasuki awal tahun 2021, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tebo, sudah bisa mencair kan Dana Desa (DD), hal ini diungkapkan oleh Bupati Kabupaten Tebo, Sukandar ketika dikonfirmasi beberapa waktu lalu

Kendati demikian, ia berharap agar para kepala desa dapat dengan segera mengajukan pencairan DD, supaya kegiatan dapat segera dilaksanakan.

"Kita inginkan semua berjalan, agar apa yang menjadi harapan masyarakat dapat segera dipenuhi", katanya.

Untuk pelaksanaannya sendiri, Sukandar juga menghimbau agar penggunaan DD dilakukan secara transparan oleh pejabat Desa, agar tidak terjadi penyelewengan.

"Kita awasi bersama-sama, kalau ada hal yang mencurigakan segera laporkan", ungkapnya.

Terpisah Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Tebo Nafri Junaidi saat dikonfirmasi soal ini mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan pendampingan proses pencarian.

"Kita sudah siap untuk melakukan pencairan, tinggal pengajuan dari desa lagi", katanya.

Dijelaskannya, untuk pencairan sendiri pada tahun 2021 ini dilakukan sebanyak 3 tahap. Untuk tahap pertama pencairan sebanyak 40 pesen dari DD yang dimiliki oleh setiap desa.

Kemudian untuk tahap 2 pencairan DD juga sebanyak 40 persen, dan terakhir pencairan ketiga sebanyak 20 persen dari sisa anggaran yang belum dicairkan.

"Untuk tahap pertama DD yang dicairkan yakni untuk BLT", Jelas Nafri meyakini

Lanjutnya, tahun ini oleh pemerintah pusat pencarian DD diutamakan untuk BLT, sedangkan untuk kegiatan lainnya, tetap dicairkan namun tetap diperoritaskan anggaran BLT.

Untuk di Kabupaten Tebo sendiri tercatat ada sebanyak 107 Desa yang tersebar di 12 kecamatan, dengan anggran DD pada tahun 2021 ini sebanyak 111 M.

"Kami harap, apa yang menjadi persyaratan pencairan dipersiapkan, sesuai dengan arahan pimpinan", katanya. (dee)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda