Tak Kunjung Dibangun, Turap Puntikalo Ancam Keselamatan Warga - Portal Media Online

06 Januari, 2022

Tak Kunjung Dibangun, Turap Puntikalo Ancam Keselamatan Warga

 


Kondisi jalan Desa Puntikalo, Kec Sumay hingga kini tak kunjung dibangun turap

TEBO - Turap Desa Puntikalo Kec Sumay hingga kini tak kunjung dibangun. Kontur tanah yang labil dikuatirkan ancam keselamatan warga yang melintas.

Pasalnya sudah beberapa kali dijanjikan pembangunan turap setiap kali ada peninjauan lokasi.

Salah satu warga sekitar enggan diwawancarai dikarenakan merasa kecewa dengan pemerintahan ia beranggapan bahwa tak ada kejelasan untuk pembagunan turap tersebut. 

Lantaran tak adanya respon dari pemerintah provinsi, dirinya pun setengah ogah menanggapi perihal turap tersebut 

"Sudah puluhan kali yang turun ke lokasi menjanjikan pembangunan turap. Sampai saat ini belum ada tindakan dari Pemerintahan," sebutnya kesal.

Pantauan di lokasi turap, kondisi longsor sudah memakan setengah jalan Padang lamo. Hal ini jika tidak segera dibangun, dikuatirkan ada beberapa rumah yang ikut terbawa longsor.

Terjadinya longsor dikarenakan gerusan air Sungai Batanghari yang setiap harinya permukaan air bertambah tinggi. Belum lagi ditambah Intensitas hujan saat ini yang tinggi, Padahal jalan tersebut merupakan akses utama penghubung antar desa dan ke daerah lain.

Kepala Desa Puntikalo M Amin saat dikonfirmasi Kamis (06/01) mengatakan, dua bulan yang lalu ada sekitar 10 orang dari balai turun ke lokasi untuk menghitung biaya pembuatan turap tersebut. 

M Amin mengatakan tim dari balai menyebut ada dua alternatif dalam pembuatan turap. "Yang satu diperkirakan panjang 1 km, dan alternatif lainnya kurang lebih 2 km yang bakal di turap," ucapnya.

Ia juga mengatakan karena itu jalan provinsi, pada HUT Provinsi Jambi ke 65 ia berharap mewakili masyarakat Desa Puntikalo agar turap tersebut segera diperbaiki. Yang jelas pemerintahan Provinsi melalui Gubernur Jambi. 

"Kepengen dalam tahun ini turap ini segera diperbaiki," pintanya Kamis

Dikatannya apalagi sekarang musim hujan. Sering tejadi longsor, apalagi mobil yang bermuatan berat sering melintasi di sana. 

"Yang kami takutkan jalan ini putus dan kami masyarakat Desa Puntikalo tidak bisa terhubung ke Desa lainnya" terangnya.

Penulis : Sobirin
Editor : Ade Sukma

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda