Hearing Gatot, Dewan Berang Hanya Dua PKS yang Hadir - Portal Media Online

20 Juni, 2022

Hearing Gatot, Dewan Berang Hanya Dua PKS yang Hadir

 

Waka II DPRD Tebo Syamsurizal saat mnggelar hearing, Senin (20/6)

TEBO - Rencana Komisi II DPRD Tebo yang diketuai Syamsurizal bakal menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan 7 Perusahaan Kelapa Sawit (PKS) di Tebo berujung Gagal Total (Gatot). Pasalnya hanya ada dua PKS yang hadir saat audensi dengan DPRD Tebo, yakni PT Tebo Indah dan PT SMS, pada Senin (20/6). 

Yang lebih kecewanya lagi pihak PKS hanya mewakilkan humas perusahaan, bukan manajemen perusahaan. Audiensi dengan Pabrik Kelepa Sawit (PKS) bersama Dinas Bunakan dan Perindag dan Tenaga Kerja dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) di ruang Banggar Dewan perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) tersebut tidak lain terkait banyaknya keluhan petani sawit soal penolakan penerimaan Tandan  Buah segar (TBS) masyarakat.

Selain itu Iday biasa disapa mengatakan, bahwa ada miskomunikasi dinas terkait bahwa undangan tersebut tidak sampai kepada PKS.

"Kita  sudah undang 7 PKS yang ada di Tebo untuk mencari solusi soal penolakan buah sawit masyarakat, ternyata hari ini cuma dua yang hadir, yaitu humas PKS Tebo indah (TI) dan Selaras Mitra Serimba (SMS), kita ingin pihak manajemen yang hadir"ungkap iday.

Dikatakannya hasil dari Audiensi ini jika selesai hari ini (Senin'red) akan dibawa ke Kementrian agar ada solusi seperti apa terkait buah sawit masyarakat.

Lebih lanjut, Rapat Dengar Pendapat (RDP) tentang permasalahan penolakan menerima buah sawit dan juga dengan Dinas Bunakan dan Dinas Perindag dan Tenaga Kerja di tunda hingga besok Selasa (21/06/22).

"Kita minta Disbun besok undang seluruh PKS termasuk PTPN untuk hadir, kalau tidak hadir kita akan berikan sanksi, kita minta Pak PJ bupati Evaluasi," pintanya.

Bersamaan Kabid Bina Usaha Dinas Perkebunan Peternakan dan Perikanan (Bunakan) Kabupaten Tebo Rafiq mengaku, belum sempat memberitahu kepada seluruh PKS yang ada di Kabupaten Tebo perihal undagan audiesi di DPRD, karena pemberitahuan baru disampaikan pada hari jum'at lalu.

"Saya Kemarin Lagi di Jambi, memang belum saya sampaikan undangan rapat hari ini secara maksimal," ujarnya.

meskipun perwakilan 5 perusahaan lagi belum hadir, namun komunikasi secara lisan undangan untuk hadir telah disampaikan kepada PKS.

"Insyaallah besok saya Jamin 7 PKS akan hadir," katanya.

Penulis : Sobirin
Editor : Ade Sukma


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda