Aspan Warning Kades, Minta Serapan APBDes 2023 Capai 100 Persen - Portal Media Online

06 Februari, 2023

Aspan Warning Kades, Minta Serapan APBDes 2023 Capai 100 Persen

 

Pj Bupati Tebo, H.Aspan foto bersama para Kades, Senin (6/2/2023), (f/Kominfo)

TEBO - Pj Bupati Tebo, Aspan warning Kades yang baru dilantik beberapa waktu lalu untuk alokasi Dana desa sebaik mungkin. Dirinya meminta penyerapan APBDes 2023 ini bisa mencapai 100 persen.

"Jadi kepada 39 kades yang baru dilantik ditambah PJ Kades pemekaran supaya penggunaan APBDes 2023 lebih optimal dan bisa terserap 100 persen," pinta Aspan kepada media ini, Senin (6/2/2023).

"karena banyak kades yang baru dilantik saya minta betul bekerja sesuai tugas dan fungsinya. Kita tau realisasi APBDes sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan Ekonomi di daerah ini," timpal Aspan.

Selanjutnya Aspan meminta kerjasama seluruh Kades untuk mengatasi masalah inflasi. Pasalnya angka inflasi di Kabupaten Tebo belum aman. Untuk itu pemerintah sudah alokasikan dana sebesar 20 persen dari APBDes untuk penanganan inflasi.

"Di Kabupaten Tebo Ini ada Rp.19,4 miliar anggaran untuk penanganan inflasi kalau ini kita kelola dengan baik berapa kilo cabe yang didapat, berapa telor yang didapat," kata Aspan meyakini.

Selain inflasi, Aspan juga menyinggung masalah stunting. Angka stunting di Kabupaten Tebo memang terjadi penurunan, namu belum signifikan.

"Karena ini juga merupakan program Nasional, jadi ini juga jadi program prioritas kita untuk menekan angka stunting ," terang Aspan.

"Sehingga tahun 2023 kita akan memacu dibawah dari nasioanal, kemudian realisasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang diwajibkan bagi Daerah tahun 2022 baru mencapai 60 persen,mudah-mudahan 2023 bisa 100 persen. Kalau ini tidak tercapai tentunya dana bagi hasil kita berkurang," Tutup Aspan.

Redaksi

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda