Musrenbang Rimbo Ilir, Program RPD jadi Pilot Project Selamanya - Portal Media Online

18 Februari, 2023

Musrenbang Rimbo Ilir, Program RPD jadi Pilot Project Selamanya

 

Musrenbang Rimbo Ilir, Aspan berharap program RPD sejalan dengan pemerataan pembangunan, (f/ist)

TEBO- Pj Bupati Tebo H Aspan menegaskan program Rencana Pembangunan Daerah (RPD) yang sekarang terus bergulir diharapkan jadi Pilot Project sekarang dan dimasa yang akan datang. Pasalnya program sebelumnya yakni RPJMD dirasa Aspan kurang strategis dan banyak menyimpang.

Bersama anggota DPR di dampingi Bappeda, Dikbud, PUPR, TPHKP, Perindagnaker, Dinsos, Dinkes, PMD, Kominfo, Dukcapil, TP PKK melakukan musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) di Kec Rimbo Ilir penyusunan rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) Kab Tebo TA 2024, Sabtu (18/2/2023).

Dalam sambutannya Pj Bupati Aspan menegaskan, biasanya Musrenbang di Kecamatan jangankan Bupati kepala OPD saja selalu di wakili namun kali ini sengaja turun langsung tujuannya agar usulan yang dilakukan sesuai kebutuhan dan dapat terakomodir.

Aspan menegaskan, Musrenbang harus disesuaikan dengan program yang ada di RPD, jangan membiasakan yang salah tapi biasakan yang benar. Musrenbang ini juga agar ditanggapi di Kecamatan selanjutnya oleh Organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

Penyusunan RKPD bukan hanya di lakukan oleh Kabupaten tapi ada tiga slot yaitu Kabupaten, Provinsi dan Pusat yang harus diketahui dan diisi. Dan dari dewan nanti akan dipertahankan di Kabupaten, Provinsi dipertahankan oleh Kabupaten dan Pusat di pertahankan oleh Provinsi, "terang Aspan.

Selain itu lanjut Aspan, usulan yang di sampaikan harus betul-betul perioritas yang bakal masuk sesuai kebutuhan. Musrenbang agar betul di laksanakan sebaik-baiknya.

Selanjutnya terkait penanganan inflasi Aspan melalui pesannya kembali menegaskan agar Kades fokus sesuai arahan Mendagri terutama antisipasi saat memasuki bulan suci Ramadhan dan lebaran.

" Kemudian Pemkab Tebo juga sudah berkoordinasi dengan OPD terkait bahwa dana desa (DD) untuk tahap pertama akan segera dicairkan sebesar 40 persen. Melalui DD tersebut ada 20 persen untuk ketahanan pangan agar Desa-Desa bisa maksimal dan fokus menangani inflasi,"pinta Aspan. 

Redaksi

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda