Selamatkan Sungai, Fordas Bersama Elemen Sebar 2.500 Bibit Pohon Buah - Portal Media Online

28 Oktober, 2021

Selamatkan Sungai, Fordas Bersama Elemen Sebar 2.500 Bibit Pohon Buah

Bupati Tebo H.Sukandar Tanam Pohon bibi Jambi

TEBO- Forum Daerah Aliran Sungai (Fordas) bersama elemen organisasi,. ORIK, Pemuda Pancasila dan LP2LH di Kabupaten Tebo membagikan bibit pohon buah dan penanaman pohon. Lokasi pembagian bibit buah dipusatkan di depan Eks Polsek Tebo Tengah, Kamis (28/10) dan dilanjutkan dengan penanaman pohon di Stadion Tebo. 

Moment yang bertepatan dengan HUT Kabupaten Tebo dan Hari Sumpah Pemuda bertajuk "Gerakan Menanam Pohon Serentak". kegiatan pembagian bibit pohon buah dan tanam buah. Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Tebo,. Wabup Tebo, Ketua Fordas Provinsi Jambi, Kepala BPDAS Batanghari, Sekda,  Ketua Fordas Tebo, Kapolres, Kejaksaan, Kepala PN dan unsur pimpinan Forkopimda lainnya.  

Bagi-bagi bibit pohon buah diberikan langsung kepada warga yang kebetulan melintas di depan eks Polsek Tebo Tengah. Usai pembagian bibit pohon buah, rombongan langsung menuju Stadion Tebo guna melakukan penanaman bibit pohon buah disekitar stadion.  

Hendri Nora, Ketua Fordas Tebo dalam sambutannya menyampaikan ribuan terima kasih kepada semua pihak yang turut mendorong suksesnya kegiatan pembagian bibit dan tanam pohon. Dirinya yakin sekali, dengan kegiatan ini setidaknya dapat berbuat untuk menyelamatkan kondisi aliran sungai yang mengalir dari hulu hingga hilir Batanghari. 

"Saya sampaikan juga terima kasih kepada pihak BP DAS Batanghari yang telah memberikan 2.500 bibit pohon buah. Dan ini bakal kita tanam dan sebagian lagi akan dibagikan ke warga yang memerlukannya," ucapnya meyakini 

Sementara itu Ketua Fordas Provinsi Jambi Erizal turut mengapresiasikan kepada Fordas Tebo melalui kegiatan positif yakni penanaman pohon.  Dirinya mengakui saat ini kondisi aliran sungai Batanghari mulai dari hulu sungai hingga hilir sangat memerlukan perhatian. Dimana sepanjang aliran sungai Batanghari kata dia sangat sedikit sekali daerah tangkapan air. 

"Untuk itu mari sama-sama kita selamatkan daerah aliran sungai dengan melakukan gerakan menanam," ajak dia.

Hal yang sama juga disampaikan Bupati Tebo H.Sukandar, selain fungsi penyelamatan sungai, perlu juga di Kabupaten Tebo dibuat semacam taman buah. Bukan saja sebagai edukasi, melainkan kata dia bisa sebagai lokasi wisata buah yang berbasis ekonomi.

"Silahkan saya minta kepada pemudanya berkoordinasi dengan pemerintah ciptakan hal positif. Lokasi kita ini (stadion'red) sangat strategis.  Masih banyak potensi yang perlu dikembangkan," pinta Sukandar.

Usai meresmikan gerakan menanam pohon, selanjutnya bupati dan rombongan melanjutkan dengan penanaman bibit pohon buah. Pohon buah Jambi biji dipilih bupati mengingat tanaman tersebut memiliki ketahanan terhadap cuaca dan manfaat yang besar.

Penulis : Sobirin
Editor : Ade Sukma

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda