Terpilih Hasil Sayembara Nama Stadion Kebanggan Tebo, Ini Dia Namanya? - Portal Media Online

21 Desember, 2021

Terpilih Hasil Sayembara Nama Stadion Kebanggan Tebo, Ini Dia Namanya?

 

Terpilih Hasil Sayembara nama stadion kebanggan masyarakat Tebo, diumumkan pada, Selasa (21/12)

TEBO- Setelah melalui proses panjang, pemberian nama stadion sport center Kabupaten Tebo Provinsi Jambi, dengan sayembara, akhirnya di tetapkan stadion tersebut dengan nama Sri Maharaja Batu (SMB) disingkat menjadi Rajo Batu, Selasa (21/12/2021) diruang rapat Sekda.

Penamaan Stadion tersebut mengambil sejarah dan filosofi dari SMB yang di paparkan secara singkat oleh H.Eka Wijaya, selaku pemenang dari 5 orang inisiator yang masuk dalam nominasi.

Dalam pemaparannya Eka Wijaya menyebut latar belakang, SMB adalah salah satu nama Sulthan di Jambi yang berdiam di desa Mangun Jayo Kecamatan Tebo Tengah Kabupaten Tebo.

SMB adalah pewaris kerajaan Jambi yang melarikan diri karena ada konflik keluarga yang kemudian mengadu ke raja Pagaruyung dan di berikan wilayah di antaranya 7 Koto, 9 Koto dan Muara Tebo.

"Selanjutnya, SMB mendirikan kerajaan Jambi saat dalam pengasingan atau pelariannya dan melaksanakan pemerintahannya selama 29 tahun.

Latar belakang filosofi yang di ambil, lanjut Eka Wijaya, adalah semangat Sri Maharaja Batu untuk bertahan, menjadi yang terbaik, itu kami menetapkan nama stadion sport center Kabupaten Tebo dengan filosofi Ramah Aktif, Jaya, Optimis dan Betuah, Arif, Tangguh dan Unggul di singkat dengan nama RAJO BATU,"kata Eka Wijaya.

Penulis : Sobirin
Editor : Ade Sukma

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda