28 Rumah di Tebo Ludes Dilalap Api, Kerugian Ditaksir 5 Miliar - Portal Media Online

08 Januari, 2022

28 Rumah di Tebo Ludes Dilalap Api, Kerugian Ditaksir 5 Miliar

 

Kasus kebakaran dikabuoaten Tebo sepanjang 2021 tercatat mencapai 28 rumah dengan kerugian ditaksir 5 miliar

TEBO- Setidaknya sebanyak 51 kasus telah di tangani oleh Dinas pemadam kebakaran (Damkar) dan penyelamatan Kabupaten Tebo Provinsi Jambi, selama tahun 2021.

Kepala Dinas (Kadis) Damkar dan penyelamatan Kabupaten Tebo, Arif Haryoko, menjelaskan sepanjang tahun 2021 terdapat 51 kasus yang telah di tangani oleh pihaknya. Sebanyak 28 di antaranya merupakan kebakaran rumah dengan kerugian ditaksir hingga mencapai Rp 5 Miliar.

Sedangkan selebihnya adalah kebakaran lainnya, seperti mobil, lahan, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dan lainnya, "sambung Arif Haryoko, Jum'at (07/01/2022)

Kemudian untuk kasus penyelamatan yang telah di tangani sepanjang tahun 2021, ungkap Arif Haryoko, ada 66 kasus satwa liar seperti ular, tawon termasuk eksekusi pelepasan cincin dan penyelamatan hewan ternak yang masuk ke dalam sumur.

"Meski penanganan kasus Damkar dan penyelamatan masih menggunakan peralatan jadul, Arif Haryoko menyebut, sarana pendukung masih seperti dulu belum ada penambahan. Dari segi peralatan masih ada kekurangan yang sebenarnya harus di lengkapi.

"Harapannya di tahun 2022 ini, ujar Kadis Damkar dan Penyelamatan, angka kasus kejadian kebakaran bisa menurun, kedua dapat meningkatkan pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat.

Dinas Damkar dan penyelamatan juga menghimbau agar lebih berhati-hati dalam menggunakan listrik dan pemanfaatan api. Kalau dilihat dari setiap kejadian, 80 persen perumahan itu penyebabnya adalah hubungan arus pendek listrik,"tandas Kadis Damkar.

Penulis : Sobirin
Editor : Ade Sukma

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda