Soal Layanan Puskesmas, Warga Pintas Tou Layangkan Surat ke Bupati - Portal Media Online

13 Juli, 2022

Soal Layanan Puskesmas, Warga Pintas Tou Layangkan Surat ke Bupati

 

Puskesmas Desa Pintas Tuo Kec Muara Tabir Tebo

TEBO-Warga Pintas Tuo, kecamatan Muara Tabir, Kabupaten Tebo, Keluhkan soal pelayanan puskesmas, pasalnya pasien warga pintas tuo Ema (19) tidak ditangani dengan baik  hingga meninggal dunia saat melahirkan, Merasa tidak dilayani dengan baik warga Laporkan Puskesmas Pintas Tuo senin (27/6/22).

Dalam surat itu  ditujukan kepada PJ Bupati dan Dinas Kesehatan Kebupaten Tebo warga meminta agar Kepala Puskesmas Pintas Tuo dan salah satu Bidan diganti.

Menurut pengakuan Paman (korban,red)  mengatakan awalnya Saat keponakannya Ema yang hendak melahirkan dibawa ke Puskesmas pintas tuo pada Minggu (12/06/22) lalu.

saat melahirkan keponakanya Ema (19) mengalami pendarahan hebat dan harus dirujuk kerumah sakit akan tetapi tidak bisa dirujuk dikarenakan kondisi mobil ambulan saat itu sedang rusak.

"Ketika mau di rujuk kerumah sakit katanya mobil ambulan rusak belum diperbaiki, pihak puskesmas bilang sudah lama rusak belum diperbaiki, harusnya mobil ambulan tetap selalu stand by," ungkapnya dengan nada kesal

Ia mengatakan saat itu tidak ada dokter yang menangani keponakanya Ema di Puskesmas hanya ada perawat biasa.

"Keponakan saya mengalami pendarahan hebat tapi tidak ditangani  Oleh dokter, malah dokternya tidak ada saat itu," jelasnya.

Dikatakannya dokter yang berkerja di Puskesmas Pintas Tuo hanya bisa dihubungi lewat telpon saat kondisi keponakannya Sangat kritis.

Akibat pendarahan hebat Akhirnya Ema  keponakanya harus meninggal dunia dan anaknya saja yang  lahir dengan selamat.

Sementara itu Kapala dinas kesehatan Kabupaten Tebo dr.Riana Elizabet saat dikonfirmasi Rabu (13/7/22) mengatakan surat laporan warga sudah diterima dan sudah sampai juga kepada PJ bupati.

"Surat sudah saya terima dan sudah sampai juga kepada Pak PJ Bupati, kita sudah adakan pertemuan degan Asisten I, dan hasilnya sudah disampaikan ke PJ bupati," katanya

Selain itu kata Kadis untuk menganti Kepala Puskesmas itu wewenang PJ bupati. Sementara itu terkait keluhan warga soal Layanan Puskesmas, pihaknya telah melakukan pembinaan terhadap Kapus Pintas Tuo.

"Kita akui saat ini masih kekurangan tenaga dokter," jelasnya lagi.

Terkait ambulance yang tidak beroperasi  saat ini sudah meminta Mekanik bengkel untuk memperbaiki mobil ambulance Tersebut karena tidak mampu Beroperasi Jalan Jauh.

Penulis : Sobirin
Editor : Ade Sukma

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda