Banjir Menggenang Pemukiman Warga di Desa Kunangan Tebo Ilir, BPBD Himbau Waspada - Portal Media Online

23 Oktober, 2022

Banjir Menggenang Pemukiman Warga di Desa Kunangan Tebo Ilir, BPBD Himbau Waspada

 

Warga menggunakan perahu kayu sebagai transportasi (f/BPBD Tebo)

TEBO - Tingginya curah hujan di wilayah Jambi dan sekitarnya beberapa hari terakhir membuat sebagian sungai meluap. Hal ini menjadi perhatian serius bagi BPBD Tebo dalam mengantisipasi terjadinya banjir.

Antoni Faksi, Kabid Pengendalian Bencana BPBD Tebo meminta kepada seluruh warga yang berada disepanjang aliran sungai Batanghari untuk tetap waspada. Pasalnya lanjut dia dalam sepekan terakhir wilayah Jambi masih diguyur hujan. Kemungkinan juga kata dia ini terjadi di wilayah Jambi bagian barat.

" Kita minta warga selalu waspada, khususnya daerah-daerah di dataran rendah," kata Antoni kepada media ini.

Antoni bilang berdasarkan pantauan tim BPBD Tebo, beberapa wilayah Tebo, terlebih bagian Hilir sudah terdampak banjir. Daerah yang dimaksud adalah, Tebo Ilir dan sekitarnya 

"Sebagian sudah ada yang banjir di daerah Tebo Ilir, tepatnya di Desa Kunangan Dusun Pegambiran sekarang sudah banjir," ujarnya meyakini 

"Tapi saya sendiri belum menerima laporan dari pihak desa atau warga sekitar," timpalnya.

Sementara itu merespon kondisi cuaca yang mulai memasuki musim penghujan, Anisa Fauzia, Koordinator Data dan Informasi BMKG Jambi membenarkan, jika cuaca di wilayah Jambi khusunya Jambi wilayah barat sudah memasuki periode musim penghujan. Curah hujan antara sedang dan tinggi ini kata dia sudah berlangsung sepekan terakhir.

" Kemungkinan masih bakal berlangsung hingga sepekan ke depan," kata Nisa biasa dipanggil. 

Nisa juja bilang, jika bukan hanya di Tebo, tapi daerah Jambi wilayah barat seperti Merangin dan Kerinci juga sudah banjir. Hal ini kata dia bukan semata-mata disebabkan tingginya curah hujan melainkan ditambah lagi adanya gangguan atmosfer yang biasa disebut konvergensi atau pertemuan angin yang berada di wilayah provinsi Jambi.

" Pantauan satelit citra radar untuk wilayah Tebo untuk sepekan terakhir dan sepekan ke depan curah hujannya masih berkisar antara sedang dan lebat ditambah dengan angin," katanya.

Kendati demikian Nisa mengatakan kondisi cuaca tersebut masih normal saja dikarenakan memang sudah memasuki musim penghujan. Untuk itu lanjut dia, perlu yang harus diwaspadai adalah pemukiman warga yang berada di sepadan sungai. "Untuk sepekan kedepan waspada kepada warga saat musim penghujan dengan intensitas hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang. Waspada juga daerah bantaran sungai yang bisa menyebabkan banjir atau genangan. Luapan sungai bukan saja terjadi di Tebo bisa juga dari arah hulu sungai," pungkasnya.

Redaksi


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda