Pasca Pemekaran, Desa Giri Mulyo Butuh Anggaran - Portal Media Online

12 Januari, 2023

Pasca Pemekaran, Desa Giri Mulyo Butuh Anggaran

Pj Bupati Tebo, Aspan melantik Kades Giri Mulyo Suryanto, Kamis (12/1/2023), (f/kliktebo.net)

TEBO - Desa Giri Mulyo, Rimbo Ilir resmi menjadi desa defenitif pasca disetujui Kemendagri pada Oktober 2022 lalu. Hari ini Kamis (12/1/2023) PJ Bupati Tebo, Aspan resmi melantik PJs Kades Giri Mulyo Suryanto. Dan dalam pelaksanaan pembangunannya nanti desa tentu butuh anggaran.


Usai pelantikan PJs Desa Giri Mulyo Kec Rimbo Ilir, Aspan bilang saat ini Desa Giri Mulyo anggarannya baru dari Pemerintah Provinsi Jambi sebesar Rp 100 juta. "Untuk 15 desa pemekaran masing-masing mendapat 100 juta dari provinsi," kata Aspan meyakini.

Aspan mengakui kendala saat ini ialah soal anggaran, namun begitu Pemkab bakal mengupayakan alokasi anggaran pada perubahan. "Mudah-mudahan kalo anggarannya mencukupi semua kebagian. Ini melihat kemampuan daerah juga untuk mensupport seluruh kebutuhan desa," sebut Aspan.

Tadinya Aspan berharap, ada bantuan dana dari desa induk sebesar 30 persen dari dana desa. Namun lanjut Aspan, hal itu tidak bisa dilakukan, mengingat APBN telah lebih dulu di sah kan.

" APBN di sah kan bulan September, sementara desa pemekaran disetujui oleh Kemendagri bulan Oktober, 2022 lalu" tuturnya.

Kedepan Aspan meminta tetap laksanakan saja roda pemerintahan pada desa yang sudah terbentuk. "Diatur semuanya mulai dari administrasi induk, kelembagaan, maupun perangkat desanya. Soal perubahan domisili, itu sudah otomatis tinggal nanti pemerintah desa menyerahkan data penduduknya ke Capil," terang Aspan.

Sementara itu PJs Desa Giri Mulyo, Suryanto, mengatakan untuk tahap awal pihaknya masih menyelesaikan Adminduk, selanjutnya kelembagaan. Jika seluruhnya selesai maka secepatnya bakal membentuk perangkat desa. 

" Bertahap, saja dulu sambil mempelajari aturan dan undang-undang biar semua berjalan sesuai aturan yang sudah ditetapkan," kata Sunaryo 

Disinggung sumber dana desa, Suryanto mengakui, pihaknya bakal memperoleh bantuan dari pihak provinsi senilai Rp 100 juta. "Selanjutnya kami bisa memanfaatkan potensi PAD desa mas, ya sumbernya dari kebun karet" sebutnya meyakini.

Untuk diketahui, Desa Giri Mulyo menjadi desa yang ke enam yang sudah dilantik oleh PJ Bupati Tebo. Selanjutnya ada 9 desa lagi yang nantinya memperoleh giliran dilantik oleh PJ Bupati Tebo.

Penulis : Sobirin
Editor : Ade Sukma


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda